News Detail

Gagal Lolos ke Babak Semifinal Meski Menang Melawan Macau Sunday, 23 November 2014, 01:55, By admin admin

MELAKA –  Indonesia gagal meloloskan diri ke babak semifinal Melaka international Basketball Championship 2014 meski menang atas Macau 92-53 dalam pertandingan terakhir group A di Stadion MBMB Bukit Serendit hari Sabtu (22/11) kemarin.

Kegagalan tersebut didasarkan pada hasil pertandingan lain dimana Filipina berhasil mengalahkan tuan rumah Malaysia 93-90 pada pertandingan yang berlangsung malam kemarin. Dengan demikian, Indonesia berada di peringkat 3 group A dibelakang Malaysia dan Filipina berdasarkan penghitungan memasukkan dan kemasukkan.

Perasaan kecewa menyelimuti para pemain Indonesia setelah mereka mengetahui bahwa mereka tidak lolos ke semifinal. Kekalahan besar dari Malaysia hari Kamis (20/11) lalu adalah sebab dari besarnya selisih memasukkan dan kemasukkan tim Indonesia.

“Kecewa karena kita mengantongi dua kemenangan, sama seperti Filipina dan Malaysia,” kata Faisal Achmad, wakil kapten tim PJ. “Menyesal juga karena kekalahan kita dari Malaysia terlalu jauh dan tidak menyangka hal tersebut akan mengakibatkan kita keluar dari babak semifinal,” tambahnya.

Melawan Macau, Indonesia tidak menemukan perlawanan berarti sejak kuarter pertama dimulai dimana anak-anak asuhan A.F Rinaldo langsung bermain cepat dan membuka pertandingan dengan 9-2 run di tiga menit pertama. Indonesia akhirnya menyudahi kuarter pertama dengan keunggulan jauh 28-11.

Indonesia mampu mempertahankan tempo permainan di babak kedua dan mengambil keuntungan dari Macau yang memang menjadi tim yang paling lemah di turnamen ini. Ponsianus Komink dkk. semakin unggul jauh 50-22 memasukki halftime.

Keadaan tidak berubah di babak kedua dimana Indonesia terus memegang kendali permainan dan semakin jauh meninggalkan Macau. Indonesia menutup kuarter tiga dengan keunggulan 70-38 dan menutup pertandingan dengan keungulan jauh92-53.

Timpangnya pertandingan hari ini memberikan kesempatan bagi coach A.F Rinaldo untuk merotasi seluruh pemain yang dibawanya ke Melaka. Rookie Andrey Rido tampil cukup baik dengan sumbangan 8 poin dan 3 rebound.

“Kita tau Macau tidak terlalu kuat sehingga kita mencoba mengeksploitasinya dengan bermain cepat sejak menit pertama,” kata Coach Inal. “Hari ini juga kesempatan bagus bagi para pemain muda untuk mendapatkan jam terbang sehingga mereka siap untuk NBL Indonesia nanti,” tambahnya.

Ary Chandra menjadi pencetak angka pertbanyak bagi PJ dengan total 14, sementara kapten Ponsianus Komink Indrawan menambahkan 14 bagi PJ.

Meskin demikian, tim Indonesia akan tetap melakukan pertandingan pada hari Minggu (23/11) ini melawan Selandia Baru yang merupakan juru kunci Group B. Pertandingan ini merupakan pertemuan dari dua tim terbawah dari masing-masing group untuk menentukan posisi 5 sampai 8 di turnamen ini.

 

News Category

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Unknown: write failed: Disk quota exceeded (122)

Filename: Unknown

Line Number: 0

A PHP Error was encountered

Severity: Warning

Message: Unknown: Failed to write session data (files). Please verify that the current setting of session.save_path is correct (/tmp)

Filename: Unknown

Line Number: 0